Senin, 29 November 2010

One Billion Trees (1Milyar Pohon)


Pencanangan Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Trees) tahun 2010 oleh Pemerintahan Kabupaten  Pekalongan di pusatkan di kecamatan Karangdadap dan di tempatkan di SMK N Karangdadap pada hari Ahad tanggal 28 Nopember 2010.
Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Bupati Pekalongan Dra. Hj. Siti Qomariyah, MA., Wakil Bupati Pekalongan Ir. H. Wahyudi Pontjo Nugroho, MT., Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Benny Wahyudi H., Wakapolres AKP Sugeng Rawuh, Sekda Ir. H. Susiyanto, MM beserta asisten dan sebagian besar kepala SKPD, Camat se      Kabupaten Pekalongan, serta perwakilan Pelajar dan Guru SMK N Karangdadap dan SMP NU Karangdadap 

Dalam acara tersebut Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Kehutanan RI. Dimana, Menhut RI menyampaikan tentang keberhasilan gerakan penanaman pohon secara nasional yang diawal tahun 2007 berupa Aksi Penanaman Serentak Indonesia dengan target 79 juta batang dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon dengan target 10 juta batang telah terealisasi sebanyak 101 juta batang (113%)

.
saat itu kegiatan juga di pusatkan di kecamatan Karangdadap (Lap Pagumenganmas) dirangkai dengan Lomba Penghijauan lingkungan, baik lingkungan Kantor Kedinasan, Kantor Kecamatan maupun lingkungan Sekolah tingkat SMA/SMK dan SMP se Kabupaten Pekalongan dan Juara I tingkat Sekolah diraih oleh SMP NU Karangdadap -Red.

 Pada tahun 2008 target Aksi Penanaman Serentak Indonesia ditingkatkan menjadi 100 juta batang serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon dengan target 5 juta batang, telah teralisasi sebanyak 114 juta batang (108%). Tahun 2009 ditetapkan target Penanaman Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree) atau 230 juta batang telah dapat terealisasi sebanyak 251 juta batang (108%).
Bp Busro S Tirto, SE. Kepsek SMP NU Karangdadap menerima Tropy Juara I Penghijauan tingkat 
Sekolah se Kab Pekalongan dalam acara Indonesia Menanam th 2007 (Dok SMP NU Karangdadap)
Sementara itu, ketua penyelenggara Ir. Sumarno, MPI dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Penanaman Satu Milyar Pohon (One Billion Trees ) yaitu untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon untuk penurunan emisi gas rumah kaca dalam mengurangi pemanasan global dan mencapai pembangunan Indonesia yang bersih (clean development mechanism). Selain itu, tujuannya adalah untuk mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan.


Bp Busro S Tirto, SE berada diantara Camat, Kepala Desa dan tokoh se Kab Pekalongan dalam 
acara " One Billion Trees " tahun 2010 

Sumarno menambahkan bahwa untuk Kabupaten Pekalongan telah disalurkan ke seluruh kecamatan sebanyak 63.000 batang pohon, dengan jenis tanaman sengon, mahoni, glodogan pecut, mangga, dan durian. Khusus untuk penanaman di SMK Karangdadap berjumlah 119 batang, yaitu jati putih 44 batang, glodogan pecut 52 batang, bibit MPTS 23 batang dan bantuan bibit dari masyarakat sebanyak 10.880 batang pohon. 



Selesai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan pohon secara simbolis oleh Bupati kepada perwakilan komponen masyarakat, baik TNI maupun sipil hingga pelajar. Dan sebagai acara pamungkas, Bupati beserta Muspida dan segenap undangan dan peserta upacara melakukan penanaman pohon secara bersama-sama di lingkungan Sekolah SMK Karangdadap tersebut. 
Bupati Pekalongan Dra Hj Siti Qomariyah secara simbolis menyerahkan bibit pohon mahoni kepada salah satu wakil dari pelajar (red)
Khaerun, S.Pd.I.
Guru SMP NU Karangdadap

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar