Selasa, 26 Oktober 2010

Radikalisme Pelajar

Farha Ciciek Prihatin Radikalisme Pelajar
8 Maret 2010 15:51:37 | Share
Intelektual perempuan NU, Farha Ciciek prihatin atas terjadinya fenomena radikalisme di kalangan pelajar yang justru marak di sekolah-sekolah negeri umum yang dikelola pemerintah bukan di pesantren.

Farha Ciciek yang juga menjadi peneliti di Rahima menyampaikan fakta hasil penelitiannya terhadap gejala radikalisme pelajar di sekolah-sekolah negeri pada Rapimnas IPNU di Wisma Makara UI Depok beberapa waktu lalu. Menurut Farha, radikalisme pelajar di sekolah-sekolah tersebut sebagai dampak dilarangnya organisasi pelajar Islam moderat yang berwawasan kebangsaan seperti IPNU (Ikatan Pelajar NU) dan IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah) untuk masuk ke sekolah negeri oleh pemerintah Orde Baru yang berlanjut hingga kini.

Farha Ciciek yang lahir 26 Juni 1963 di sisi lain juga mengungkapkan keprihatinannya bahwa aktivis pelajar Islam moderat seperti IPNU kurang optimal menggarap para pelajar muslim di sekolah-sekolah negeri sehingga mereka terseret pada radikalisme agama.

"IPNU perlu menghidupkan kembali ruh jihadnya" pungkas Farha Ciciek kepada peserta Rapimnas yang dihadiri oleh puluhan pengurus wilayah IPNU se-Indonesia, sejumlah mahasiswa UI dan ratusan pelajar dari berbagai pesantren dan SMA se-Depok. (alf)-Gus Mus.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar